Selasa, 25 Februari 2014

manajemen berbasis madrasah

MAKALAH
MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH


Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah
Materi Manajeman Madrasah

Dosen Pengampu:
Hj. Zahrotun Nikmah Afif, M. Pd. I
Description: STIT Warna new 2010
 









Oleh :
Syifa’ul Afifah


SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH
AL URWATUL WUTSQO - JOMBANG
2013




KATA PENGANTAR

            Alhamdulillahi Rabbil ‘Alamin dengan rasa syukur kehadirat Allah SWT yang dengan rahmat dan inayah-Nya, pemakalah dapat menyelesaikan makalah yang berjudul MANAJEMEN MADRASAH.
            Ucapan terima kasih pemakalah  sampaikan kepada Bu Zahrotun Nikmah, M.Pd.I selaku dosen pengampu mata kuliah Sejarah Peradaban Islam, serta seluruh pihak yang telah membantu dalam pembuatan makalah ini.
            Pemakalah menyadari bahwa makalah ini bukanlah sebuah proses akhir melainkan tahap awal yang masih memerlukan perbaikan-perbaikan, oleh karena itu usul serta saran yang bersifat membangun sangatlah diperlukan untuk penyempurnaan makalah ini. Atas usul serta saran dari semua pihak, Pemakalah  menguucapkan banyak terima kasih.









                                                                                                   Jombang, 5 Pebruari 2013



                                                                                                 Penyusun




DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL
KATA PENGANTAR …………………...…………………………………….1.  
DAFTAR ISI …………….…………...……………………………..….………2
BAB I   PENDAHULUAN 
A.      Latar Belakang …………………………………………..………………....3
B.       Rumusan Masalah ……………………………...…………………………..3
C.       Tujuan Pembahasan ………………………………...……………………...3

BAB II PEMBAHASAN
A.    Pengertian Manajemen Madrasah.............................................................4
B.       Karakteristik Manajemen Berbasis Madrasah (MBM ................................4
C.     Tujuan Manajemen Berbasis Madrasah.....................................................6
D.    Implementasi Manajemen  Berbasis Madrasah (MBM).............................7
E.     Hasil Penelitian di Mts Al-Urwatul Wutsqo (UW).....................................7

BAB III   PENUTUP
Kesimpulan ………………………………………………………..............8

DAFTAR PUSTAKA  ................................................................................ .....9







BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang
Dalam UU RI No. 20 th. 2003, tentang sistem pendidikan Nasional, dikemukaktaan bahwa pendidikan Nasional bertujuan mengembangkan potensi peserta didik agar manusia yang beriman dan bertakwa kepada tuhan yang Maha Esa, Berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, inovatif, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Madrasah adalah salah satu dari Tripusat pendidikan yang dituntut untuk mampu menjadikan output yang unggul. madrasah adalah lembaga sosial yang berfungsi untuk melayani anggota masyarakat dalam bidang pendidikan. kemajuan madrasah dan masyarkat saling berkolerasi, keduanya saling membutuhkan, masyarakat adalah pemilik madrasah.
B.  Rumusan masalah
1.      Apa Pengertian dari Manajemen Madrasah ?
2.      Apa yang di maksud dengan karakteristik Manajemen Madrasah?
3.      Apa Tujuan dari Manajemen Madrasah ?
4.      Sebutkan Implementasi Manajemen  Berbasis Madrasah (MBM)?
5.      Apa manfaat dari MBM?
6.      Bagaimana hasil penelitian di MTS UW?
C.  Tujuan pembahasan
1.      Mampu menjelaskan Pengertian dari Manajemen Madrasah
2.      Mampu mengemukakan karakteristik Manajemen Madrasah
3.      Mampu memahami Tujuan dari Manajemen Madrasah
4.      Mampu mengimplementasi Manajemen  Berbasis Madrasah (MBM)
5.      Mampu menjelaskan Apa manfaat dari MBM
6.      Mampu menjelaskan hasil penelitian di MTS UW


BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Manajemen Madrasah
Manajemen Berbasis Madraah (MBM) atau Madrasah Based Managemen (MBM) merupakan strategi untuk mewujudkan madrasah yang efektif dan produktif. (Mulya dan Taufiq Dahlan)
Madrasah merupakan terjemahan dari istilah sekolah dalam bahasa Arab. Namun, konotasi selama ini dianggap sebagai lembaga pendidikan islam yang mutunya lebih rendah daripadamutu lembaga pendidikan lainya, terutama di sekolah umum, walaupun ada beberapa madrasah juga yeng lebih maju drai sekolah umum. (Mujamil Qamar)
Hal ini perlu ditekankan, mengingat madrasah merupakan salah satu bentuk pendidikan di Indonesia, yang memeiliki peranan sangat penting dalam menentukan kwalitas sumberdaya manusia yang tangguh, kreatif, beriman, bertakwa dan bertanggung jawab.
B.     Karakteristik Manajemen Berbasis Madrasah (MBM)
karaktetistik dasar MBM sebagai berikut:
1.      Pemberian Otonomi Luas kepada Madrasah.
MBM memberikan otonomi luas  atau kewenangan dan kekuasaan untuk mengembangkan program kurikulum, menyesuaikan kebutuhan peserta didik serta tuntutan masyarakat, menggali dan mengelola sumber dana sesuai dengan prioritas kebutuhan.

2.      Tinggingnya Partisipasi Masyarakat dan Orang Tua
Dalam MBM Pelakasanaan program madrasah didukung oleh tingginya partisipasi masyarakat, orang tua, dan peserta didik yang menjalin kerja sama untuk memberikan bantuan dan pemikiran serta menjadi nara sumber dalam berbagai kegiatan peningkatan kwalitas madrasah. 
3.      Kepemimpinan  yang Demokratis dan Profesional.
Dalam MBM, pelaksanaan program madrasah didukung oleh adanya kepemimpinan madrasah yang demokratis dan profesional. Kepala Madrasah merupakan menejer pendidikan profesional yang direkrut komite untuk mengelola kegiatan madrasah bedasarkan kebijakan yang ditetapkan. Guru yang direkrut menjadi pendidik profesional dalam bidangnya masing-masing.
4.      Team-Work yang Kompak dan Transparan
Dalam MBM, keberhasilan progam madrasah yang didukung oleh kinerja team yang kompak. Misalnya, pihak terkait bekerjasama secara profesional untuk mencapai tujuan atau target yang disepakati bersama. (Mulya dan Taufiq Dahlan)


C.    Tujuan Manajemen Berbasis Madrasah
MBM merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mencapai keunggulan masyarakat dalam penguasaan ilmu dan teknologi yang dinyatakan dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Untuk merealisasikan tujuan tersebut , pemerintah telah menetapkan 4 strategi pokok pembangunan, antara lain:
1.      Pemerataan
Dimaksudkan agar semua warga Indonesia memperoleh kesempatan yang sama untuk mengenyam dan mengikuti pendidikan yang berkualitas. Warga negara miskin harus mendapatkan pendidikan yang sama kwalitasnya dengan yang kaya.
2.      Relevansi
Dalam relevansi pendidikan dititik beratkan pada konsep “link end match”, yakni keterkaitan dan kesepadanan antara apa yang diberikan di sekolah dengan apa yang ada di lapangan. Misalnya, dengan pemberian porsi muatan lokal.
3.      Kualitas
Sekolah tersebut dapat mengeluarkan out pout yang menyamai bahkan melebihi harapan, sehingga mendapatkan kepuasan. (Tim dosen administrasi pendidikan UI)
4.      Efisiensi
Sistem pendidikan yang berlansung pada jalur sekolah di Indonesia hendaknya memperhatikan unsur efisiensi. Suatu kegiatan bisa dikatakan efisien bila tujuan dapat tercapai secara optimal dengan penggunaan sumber daya yang minimal. (Mulya dan Taufiq Dahlan)
D.    Implementasi Manajemen  Berbasis Madrasah (MBM)
1.      Iklim madrasah yang kondusif.
2.      Otonomi Madrasah
3.      Kewajiban Madrasah
4.      Kepemimpinan Madrasah yang Demokratif dan Profesional
5.      Revitalisasi Partisipasi Masyarakat
E.     Manfaat MBM
Dengan adanya Otonomi yang memberikan tanggung jawab pengelolaan sumber daya dapat lebih meningkatkan kesejahteraan guru agar lebih berkosentrasi pada tugas utamanya mengajar. Dengan demikian MBM mendorong Profesionalisme Guru dan kepala Madrasah sebagai pemimpin pendidikan pada garis depan.
F.     Hasil Penelitian di Mts Al-Urwatul Wutsqo (UW)
Masalah:
1.    Bagaimana manajemen di Mts UW, apakah berperan secara profesional?
Dalam hubungan organisasi di Mts UW kurang lancar  dan sedikit mengalami kesenjangan disebabkan dari stekholders terjadi ketidak harmonisan.
2.    Bagaimana kinerja guru dalam menjalankan amanah sebagai pendidik yang profesional?
Mengalami sedikit kemunduran semenjak minimya komunikasi antara kepala sekolah dengan tenaga pendidik.
3.    Apakah kurikulum  di Mts UW menggunakan RPP meskipun pelajaran muatan lokal seperti Qur-any, tafsir ahkam dsb.?
Iya, karena di Mts UW lebih mengutamakan kwalitas. Di Mts UW juga diadakan rekrutmen guru dari pihak mahasiswa yang mondok di PPUW, sehingga jika terjadi ketidak hadiranya guru maka tidak terjadi kefakuman di kelas tersebut.




BAB III
PENUTUP
Kesimpulan:
A.  Pengertian Manajemen Madrasah
Manajemen Berbasis Madraah (MBM) atau Madrasah Based Managemen (MBM) merupakan strategi untuk mewujudkan madrasah yang efektif dan produktif.
B.     Karakteristik Manajemen Berbasis Madrasah (MBM)
1.         Pemberian Otonomi Luas kepada Madrasah.
2.         Tinggingnya Partisipasi Masyarakat dan Orang Tua
3.         Kepemimpinan  yang Demokratis dan Profesional.
4.         Team-Work yang Kompak dan Transparan
C.      Tujuan Manajemen Berbasis Madrasah
1.      Pemerataan
2.      Relevansi
3.      Kualitas
4.      Efisiensi
D.    Implementasi Manajemen  Berbasis Madrasah (MBM)        
E.     Manfaat MBM
MBM mendorong Profesionalisme Guru dan kepala Madrasah sebagai pemimpin pendidikan pada garis depan.

F.       Hasil Penelitian di Mts Al-Urwatul Wutsqo (UW)
Daftar pustaka

Mulyasa. 2003. Manajemen berbasis madrasah. Surabaya:
Mulyono. 2009. Manajeman administrasi dan organisasi pendidikan. Jogjakarta: ar ruzz media
Tim dosen administrasi pendidikn UI. 2009. Manajemen pendidikan. Bandung: alfabeta
Qomal, mujmil. 2007 .manajemen pendidikan islam. Surabaya: PT gelora aksara erlangga






4 komentar: