MAKALAH
MANAJEMEN
BERBASIS MADRASAH
Disusun untuk
memenuhi tugas mata kuliah
Materi Manajeman
Madrasah
Dosen Pengampu:
Hj. Zahrotun Nikmah Afif, M. Pd. I
Oleh
:
Syifa’ul Afifah
SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH
AL URWATUL WUTSQO - JOMBANG
2013
KATA PENGANTAR
Alhamdulillahi
Rabbil ‘Alamin dengan rasa syukur kehadirat Allah SWT yang dengan rahmat dan
inayah-Nya, pemakalah dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “MANAJEMEN MADRASAH”.
Ucapan terima kasih
pemakalah sampaikan kepada Bu Zahrotun Nikmah, M.Pd.I
selaku dosen pengampu mata kuliah Sejarah Peradaban Islam, serta seluruh pihak
yang telah membantu dalam pembuatan makalah ini.
Pemakalah menyadari
bahwa makalah ini bukanlah sebuah proses akhir melainkan tahap awal yang masih
memerlukan perbaikan-perbaikan, oleh karena itu usul serta saran yang bersifat
membangun sangatlah diperlukan untuk penyempurnaan makalah ini. Atas usul serta
saran dari semua pihak, Pemakalah
menguucapkan banyak terima kasih.
Jombang,
5 Pebruari 2013
Penyusun
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
KATA PENGANTAR …………………...…………………………………….1.
DAFTAR ISI …………….…………...……………………………..….………2
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang …………………………………………..………………....3
B. Rumusan Masalah ……………………………...…………………………..3
C.
Tujuan
Pembahasan ………………………………...……………………...3
BAB II PEMBAHASAN
A.
Pengertian Manajemen Madrasah.............................................................4
B.
Karakteristik Manajemen Berbasis Madrasah (MBM ................................4
C. Tujuan Manajemen Berbasis
Madrasah.....................................................6
D. Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah (MBM).............................7
E. Hasil Penelitian di Mts
Al-Urwatul Wutsqo (UW).....................................7
BAB III PENUTUP
Kesimpulan ………………………………………………………..............8
DAFTAR PUSTAKA ................................................................................
.....9
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Dalam UU RI No. 20 th. 2003, tentang sistem
pendidikan Nasional, dikemukaktaan bahwa pendidikan Nasional bertujuan
mengembangkan potensi peserta didik agar manusia yang beriman dan bertakwa
kepada tuhan yang Maha Esa, Berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, inovatif,
kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung
jawab dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Madrasah adalah salah satu
dari Tripusat pendidikan yang dituntut untuk mampu menjadikan output yang unggul.
madrasah adalah lembaga sosial yang berfungsi untuk melayani anggota masyarakat
dalam bidang pendidikan. kemajuan madrasah dan masyarkat saling berkolerasi,
keduanya saling membutuhkan, masyarakat adalah pemilik madrasah.
B.
Rumusan
masalah
1.
Apa Pengertian dari Manajemen Madrasah ?
2.
Apa yang di maksud dengan karakteristik Manajemen Madrasah?
3.
Apa Tujuan dari Manajemen Madrasah ?
4. Sebutkan Implementasi
Manajemen Berbasis Madrasah (MBM)?
5. Apa manfaat dari MBM?
6. Bagaimana hasil penelitian di
MTS UW?
C. Tujuan pembahasan
1.
Mampu
menjelaskan Pengertian dari Manajemen
Madrasah
2.
Mampu
mengemukakan karakteristik Manajemen
Madrasah
3.
Mampu
memahami Tujuan dari Manajemen
Madrasah
4.
Mampu mengimplementasi
Manajemen Berbasis Madrasah (MBM)
5.
Mampu menjelaskan Apa manfaat dari MBM
6. Mampu
menjelaskan hasil penelitian di MTS
UW
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Manajemen Madrasah
Manajemen Berbasis Madraah (MBM) atau Madrasah Based Managemen (MBM) merupakan
strategi untuk mewujudkan madrasah yang efektif dan produktif. (Mulya dan
Taufiq Dahlan)
Madrasah merupakan terjemahan dari istilah sekolah dalam bahasa Arab. Namun,
konotasi selama ini dianggap sebagai lembaga pendidikan islam yang mutunya
lebih rendah daripadamutu lembaga pendidikan lainya, terutama di sekolah umum,
walaupun ada beberapa madrasah juga yeng lebih maju drai sekolah umum. (Mujamil
Qamar)
Hal ini perlu ditekankan, mengingat madrasah
merupakan salah satu bentuk pendidikan di Indonesia, yang memeiliki peranan
sangat penting dalam menentukan kwalitas sumberdaya manusia yang tangguh,
kreatif, beriman, bertakwa dan bertanggung jawab.
B.
Karakteristik Manajemen Berbasis
Madrasah (MBM)
karaktetistik dasar MBM sebagai berikut:
1. Pemberian Otonomi Luas kepada
Madrasah.
MBM memberikan
otonomi luas atau kewenangan dan
kekuasaan untuk mengembangkan program kurikulum, menyesuaikan kebutuhan peserta
didik serta tuntutan masyarakat, menggali dan mengelola sumber dana sesuai
dengan prioritas kebutuhan.
2. Tinggingnya Partisipasi
Masyarakat dan Orang Tua
Dalam MBM Pelakasanaan
program madrasah didukung oleh tingginya partisipasi masyarakat, orang tua, dan
peserta didik yang menjalin kerja sama untuk memberikan bantuan dan pemikiran
serta menjadi nara sumber dalam berbagai kegiatan peningkatan kwalitas
madrasah.
3. Kepemimpinan yang Demokratis dan Profesional.
Dalam MBM,
pelaksanaan program madrasah didukung oleh adanya kepemimpinan madrasah yang
demokratis dan profesional. Kepala Madrasah merupakan menejer pendidikan
profesional yang direkrut komite untuk mengelola kegiatan madrasah bedasarkan
kebijakan yang ditetapkan. Guru yang direkrut menjadi pendidik profesional
dalam bidangnya masing-masing.
4. Team-Work yang Kompak dan Transparan
Dalam MBM,
keberhasilan progam madrasah yang didukung oleh kinerja team yang kompak.
Misalnya, pihak terkait bekerjasama secara profesional untuk mencapai tujuan
atau target yang disepakati bersama. (Mulya dan Taufiq Dahlan)
C.
Tujuan Manajemen Berbasis Madrasah
MBM merupakan salah satu upaya pemerintah untuk
mencapai keunggulan masyarakat dalam penguasaan ilmu dan teknologi yang
dinyatakan dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Untuk merealisasikan
tujuan tersebut , pemerintah telah menetapkan 4 strategi pokok pembangunan,
antara lain:
1. Pemerataan
Dimaksudkan agar
semua warga Indonesia memperoleh kesempatan yang sama untuk mengenyam dan
mengikuti pendidikan yang berkualitas. Warga negara miskin harus mendapatkan
pendidikan yang sama kwalitasnya dengan yang kaya.
2. Relevansi
Dalam relevansi
pendidikan dititik beratkan pada konsep “link end match”, yakni keterkaitan dan
kesepadanan antara apa yang diberikan di sekolah dengan apa yang ada di
lapangan. Misalnya, dengan pemberian porsi muatan lokal.
3. Kualitas
Sekolah tersebut
dapat mengeluarkan out pout yang menyamai bahkan melebihi harapan, sehingga
mendapatkan kepuasan. (Tim dosen administrasi pendidikan UI)
4. Efisiensi
Sistem pendidikan
yang berlansung pada jalur sekolah di Indonesia hendaknya memperhatikan unsur
efisiensi. Suatu kegiatan bisa dikatakan efisien bila tujuan dapat tercapai
secara optimal dengan penggunaan sumber daya yang minimal. (Mulya dan Taufiq
Dahlan)
D.
Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah (MBM)
1. Iklim madrasah yang kondusif.
2. Otonomi Madrasah
3. Kewajiban Madrasah
4. Kepemimpinan Madrasah yang
Demokratif dan Profesional
5. Revitalisasi Partisipasi
Masyarakat
E.
Manfaat MBM
Dengan adanya Otonomi yang memberikan tanggung
jawab pengelolaan sumber daya dapat lebih meningkatkan kesejahteraan guru agar
lebih berkosentrasi pada tugas utamanya mengajar. Dengan demikian MBM mendorong
Profesionalisme Guru dan kepala Madrasah sebagai pemimpin pendidikan pada garis
depan.
F.
Hasil Penelitian di Mts Al-Urwatul
Wutsqo (UW)
Masalah:
1. Bagaimana manajemen di Mts
UW, apakah berperan secara profesional?
Dalam hubungan
organisasi di Mts UW kurang lancar dan
sedikit mengalami kesenjangan disebabkan dari stekholders terjadi ketidak
harmonisan.
2. Bagaimana kinerja guru dalam
menjalankan amanah sebagai pendidik yang profesional?
Mengalami sedikit
kemunduran semenjak minimya komunikasi antara kepala sekolah dengan tenaga
pendidik.
3. Apakah kurikulum di Mts UW menggunakan RPP meskipun pelajaran
muatan lokal seperti Qur-any, tafsir ahkam dsb.?
Iya, karena di Mts
UW lebih mengutamakan kwalitas. Di Mts UW juga diadakan rekrutmen guru dari
pihak mahasiswa yang mondok di PPUW, sehingga jika terjadi ketidak hadiranya
guru maka tidak terjadi kefakuman di kelas tersebut.
BAB
III
PENUTUP
Kesimpulan:
A. Pengertian Manajemen Madrasah
Manajemen Berbasis
Madraah (MBM) atau Madrasah Based
Managemen (MBM) merupakan strategi untuk mewujudkan madrasah yang efektif
dan produktif.
B.
Karakteristik Manajemen Berbasis
Madrasah (MBM)
1.
Pemberian Otonomi Luas kepada Madrasah.
2.
Tinggingnya Partisipasi Masyarakat dan Orang Tua
3.
Kepemimpinan yang Demokratis dan
Profesional.
4.
Team-Work yang Kompak dan Transparan
C.
Tujuan Manajemen Berbasis Madrasah
1. Pemerataan
2. Relevansi
3. Kualitas
4. Efisiensi
D.
Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah (MBM)
E.
Manfaat MBM
MBM mendorong
Profesionalisme Guru dan kepala Madrasah sebagai pemimpin pendidikan pada garis
depan.
F. Hasil Penelitian di Mts Al-Urwatul Wutsqo (UW)
Daftar pustaka
Mulyasa. 2003. Manajemen
berbasis madrasah. Surabaya:
Mulyono. 2009.
Manajeman administrasi dan organisasi pendidikan. Jogjakarta: ar ruzz media
Tim dosen administrasi pendidikn UI. 2009. Manajemen pendidikan. Bandung: alfabeta
Qomal, mujmil. 2007 .manajemen pendidikan islam. Surabaya:
PT gelora aksara erlangga
Alhamdulillah bermanfaat
BalasHapusAlhamdulillah bermanfaat
BalasHapusalhamdulillah kurang lengkap
BalasHapusTerimakasih, penjelasannya sangat membantu. Kami juga menulis materi quran hadits terkait tugas hadits yang berhubungan dengan kompetisi dalam kebaikan semoga bermanfaat
BalasHapus